Hashing - Python

Hashing adalah teknik atau metode memetakan data ke sebuah tempat dimana data sebenarnya dirubah dalam bentuk lain. semisal huruf a menjadi huruf e. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengenkrispsi sebuah password didalam database seperti MySQL. 
Pada python, cara metode Hashing dengan membuat sebuah List yang akan diisi oleh data masukan. Data masukan diberi 2 buah nilai yaitu value sebagai data tersebut dan juga key sebagai alat untuk memasukan value ke List.

Algoritma Hashing sebagai berikut :
1. Membuat tabel hash yang berisikan None
2. Memasukan data yang ingin dimasukan 
3. Data masukan terdiri dari value dan keynya
4. Lakukan pencarian modulus dari key yang dibagi panjang tabel hash
5. Masukan value dari data tersebut ke dalam tabel hash sesuai indexnya

Macam - macam hashing yang telah diperlajari :
1. Linear Hashing
Penyelesaian dengan linear yaitu melakukan penambahan 1 tiap index yang terjadi collision, misalnya, collison terjadi pada index 3, maka data selanjutnya yang berindex 3 akan ditambahkan ke index 4, jika index 4 sudah terdapat value atau isi maka data terdebut ditaruh di index 5.


2. Quadratic Hashing

Penyelesaian dengan Quadratic/Aquadratic ini sama seperti linear akan tetapi penambahan tidak satu persatu, melainkan penambahnya di kuadratkan lalu dimodulus dengan panjang tabel hash.

Misalnya yang terjadi collison pada index 3 dan panjang tabel hash 10 maka jika ditambahkan data yang berindex 3 maka data terbut ditaruh pada index ke 3 yang ditambah 1 kuadrat 2 jadi berindex 4 lalu dimodulus panjang tabel hash jadi index 4. Jika index 4 sudah terisi maka index ditambah 2 kuadrat 2 jadi 3+4 yaitu 7 dan dimodulus panjang tabel hash yaitu 10 menjadi index 7, begitu seterusnya hingga data dapat ditempakan ditempat kosong pada tabel hash.


3. Chainning

Penyelesaian dengan cara Chainning yaitu membuat list didalam tabel hash sehingga data yang berindex sama tidak terjadi collison karena data tersebut ditumpuk ke dalam sebuah list yang telah dibuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Graph - Python

Link List - Python

Macam - Macam Sorting pada Python