Linier dan Binary Search - Python

1. Linier Search
        Linier Search merupakan program search yang mudah dipahami, linear search memiliki kelebihan apabila data yang dicari letaknya pada data – data awal sehingga prosesnya berjalan cepat, namun apabila data yang dicari letaknya pada data terakhir maka pencarian lebih memakan waktu yang cukup lama pula. kekurangan Linier Search adalah dalam proses pencariannnya diurutkan satau-satu baik dimulai dari depan maupun dari belakang, sehingga membuat proses pencarian berlangsung lama.

Contoh program linier search pada Python:


Di dalam list terdapat angka (1,9,5,3,7,13,11). Jika kita mencari angka 3 maka jumlah iterasi yang akan terjadi yaitu sebanyak 4 kali.

2. Binary Search
            Binary search sebenarnya hampir mirip dengan linier search namun linier seach memiliki kelebihan dalam proses pencarian karena memiliki efisisensi yang sangat cepat. hal ini karena Binary Search tidak mencari data satu persatu dari awal namun di cari dari depan belakang dan tengan secara bersamaan. hal ini yang mungkin mengakibatkan penyusunan program dalam binary search sedikit rumit. Dalam Binary Search, data yang yang ada harus tersususn secara urut karena hal inilah yang menentukan pencarian dalam binary yang mencari data dari berbagai arah. apabila kita terlanjur membuat data acak sedangkan kita ingin mencari suatu data dengan metode Binary Search, maka kita hanya perlu menambahkan ".sort()" di depan nama list data kita. perhatikan contoh:

Data yang berada di dalam list akan disorting terlebih dahulu lalu akan dimulai pencarian data. Jadi untuk pencarian data, jika data tidak urut dan data lebih banyak dengan menggunakan metode Binary Search,  data diurutkan terlebih dahulu dan mencari nilai tengah untuk mempermudah pencarian data, dan membuang proses yang memang tidak diperlukan lagi. Dan untuk Linier Search, data tidak harus diurutkan terlebih dahulu, dia langsung mencari dimana data itu akan ditemukan, jika ketemu langsung ditampilkan, kelemahannya ada pada jika data terlalu banyak proses bisa menjadi lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Graph - Python

Link List - Python

Macam - Macam Sorting pada Python